Pengalaman Ikut Kelas Membuat Blog

Yeayy akhirnya punya blog juga, setelah hampir 10 tahun pengen punya blog, haha..Berawal dari masa-masa pencarian beasiswa, saya mulai mengenal blog. Banyak sekali informasi yang saya dapatkan dari blog dan saat itu uda niat kalau nanti dapat beasiswa mau juga buat blog untuk sharing pengalaman.

Blogging
Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash

Saya sudah membayangkan apa saja yang akan ditulis di blog tapi sampai saat saya dapat beasiswa, membuat blog masihlah jadi wacana🙈 Sejujurnya agak nyesel juga sih kenapa ya waktu itu gak sempet belajar buat blog. Rasanya dulu waktu kuliah uda hectic banget dan buat saya untuk bisa waras aja uda alhamdulillah, haha..

Sudah sampai beli buku (belum dibaca sampai sekarang🙈) dan browsing-browsing cara membuat blog tapi tetap bikin saya gak bergerak kemana-mana. Belajar bikin blog jadi salah satu prioritas tahun ini, qadarullah siang-siang baca Whatsapp di grup Bengkel Diri Jabodetabek ada mb Lelly yang membuka kelas “Becoming Blogger from Beginning” dengan harga yang terjangkau. Tanpa pikir panjang langsung daftar deh, hehe..

Kelas Blog Batch #3 ini berlangsung selama 10 hari yaitu dari tanggal 20 sampai 30 Juli 2020. Peserta akan belajar mengenai materi dasar blog, tutorial membuat blog, cara mudah mempercantik blog, mengenal widget & kategori di blog, cara menulis artikel dan how to maintain blog. Proses belajarnya melalui Whatsapp grup. Ada grup untuk materi dan ada grup untuk diskusi sehingga materi belajar tidak tertimbun chat-chat pertanyaan atau diskusi. Enaknya belajar membuat blog melalui Whatsapp, kita bisa menyesuaikan jam belajar dengan waktu yang kita miliki, gak mesti stand by di jam pemberian materi ketika misalnya bentrok dengan jam kantor atau agenda lainnya. Penyampaian materi belajar diberikan melalui text, audio, slide dan video.

Dari semua materi yang diberikan, materi tersulit menurut saya adalah mengenal widget dan kategori di blog karena ada belajar tentang coding. Butuh beberapa kali dengerin materi sambil nyatet untuk bisa paham, sempet pengen nyerah aja, tapi sayang blognya uda keliatan bagus, hehe..Saya banyak mengalami kebingungan di materi ini, mb Lelly sangat helpful dalam menjawab dan membimbing saya dan peserta lainnya.

Saran saya untuk teman-teman yang ingin ikut kelas belajar blog, bisa mulai memikirkan dari sekarang pengen buat blog seperti apa, mulai cari-cari jenis template blog yang disukai, siapa target pembacanya dan hal-hal apa yang ingin ditulis di blog. Jadi nanti bisa gak kelamaan mikir kayak saya di awal-awal, mikir judul blog dan milih template aja lama banget😆O iya, satu tips yang juga works buat saya, saya bikin 2 blog dengan template yang sama, yang satu untuk latihan coba-coba jadi kalau salah gak terlalu nyesek rasanya, haha..cara ini juga membuat saya jadi lebih cepat paham karena bisa trial and error dengan bebas.

Di tengah kesibukan dan banyaknya deadline di waktu yang bersamaan dengan kelas blog ini, saya bersyukur akhirnya bisa mengikuti kelas dan menyelesaikan tugas dengan baik. Buat teman-teman yang masih belajar juga atau bahkan baru mau mulai belajar, semangat juga ya. Saya berharap tulisan ini bisa menginspirasi teman-teman yang lagi belajar membuat blog juga😊

Kalau teman-teman, apa pengalaman yang menarik saat belajar membuat blog? Jangan lupa share di kolom komentar ya..

 

7 comments

  1. Woww👍👍👍, luar biasa akhirnya pecah telur, tetep semangat nulis dan menyebar kebaikan ya my dear

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi supportnya by, masih harus banyak belajar nih😇

      Delete
  2. Selamat punya blog baruuuu ya Fit...
    Semangat ngisi blog ya, jangan kayak aku yang banyakan mandeknya daripada ngisinya... Hwkwkwkk...
    Btw hehehe boleh lho kalo mau mampir ke www.bundamami.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Dev, iya nih mesti konsisten yak nulisnya, wkwk..wahh kamu yo punya blog yak, ak mampir ya ndukk:)

      Delete
  3. Semangat maaaaakkk... Mantab akhirnya tercapai mau nulis dari kemarin ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi makkk, iya nih akhirnya yak, mesti banyak belajar darimu mak:)

      Delete