Hal-hal Baik yang Menginspirasi saat Kuliah di UK

Photo by Fitri Anisa
Photo by Fitri Anisa

Bisa berkesempatan kuliah di UK adalah salah satu hal yang saya syukuri. Setelah hampir 10x gagal untuk mendaftar beasiswa, alhamdulillah Allah akhirnya mewujudkan mimpi saya sejak kecil yaitu kuliah di luar negeri. Proses mendaftar beasiswa yang terakhir saya lakukan saat saya dalam fase pemulihan setelah dikuret karena keguguran. Memang rencana Allah adalah yang terbaik untuk hidup kita, setelah melewati banyak kegagalan dan rasa putus asa, Allah gantikan dengan karunia yang luar biasa. Kalau inget semua perjalanan bisa kuliah lagi di UK rasanya masih suka gak percaya. Visa jadi H-1 dan resign di kantor pas hari H berangkat ke UK, haha..Semoga bisa menceritakan detail kisahnya di postingan lainnya ya..

Selama kuliah di UK, ada banyak hal baik yang sering saya temui. Di postingan kali ini ada saya ingin berbagi dua hal yang menginspirasi saat kuliah di UK.

1.      Nothing perfect in this world

Tugas-tugas perkuliahan yang sering diberikan adalah assignment berupa essay yang membuat saya harus menunjukkan pandangan atau pendapat terkait isu yang sedang dibahas dengan mengacu pada berbagai referensi yang ada. Salah seorang dosen pernah memberikan assignment dimana kami harus memilih salah satu jenis tipe “heat exchanger” yang akan digunakan untuk proses produksi. Kami sekelas mencoba mencari petunjuk tipe apa yang paling baik dan beliau menjelaskan bahwa tidak ada jawaban yang benar atau salah. Beliau menyebutkan tidak ada sistem yang sempurna di dunia ini. Kami diminta untuk menganalisa kondisi perusahaan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe. Yang penting adalah bagaimana kami berani mengambil risiko dan mencari cara terbaik untuk “deal with” dengan risiko tersebut. Dosen juga menekankan kepada kami bahwa jangan takut untuk melakukan kesalahan karena yang terpenting adalah apa yang dapat kami pelajari dari kesalahan tersebut.

 

2.  We can't all be good at everything

Budaya memberikan “encouragement” juga terlihat dari sikap dosen. Suatu ketika dosen saya bertanya pada teman saya yang menjadi mahasiswa bimbingannya mengenai kesulitan yang dialami selama kuliah. Teman saya mengatakan bahwa dia merasa kecewa karena ada satu mata kuliah yang nilainya jelek. Dosen tersebut mengingatkan teman saya bahwa kita tidak bisa selalu bagus dalam setiap hal, setidaknya kita sudah berusaha yang terbaik, jangan terlalu keras terhadap dirimu sendiri. Sungguh memotivasi kami sebagai student. Selain itu, dosen juga tidak segan-segan untuk membantu student bahkan untuk hal sepele sekali pun seperti mencarikan paku payung untuk memasang poster presentasi.


Berkesempatan merasakan hal-hal baik di UK benar-benar telah menginspirasi saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kuliah di UK membuat saya yang sebelumnya sangat perfeksionis, menjadi orang yang belajar accept dan embrace my flaws😊 Namun tentu saja, seperti hal-hal lainnya dalam hidup, proses belajar itu seperti journey, akan selalu ada up and down nya. Tulisan ini menjadi reminder bagi saya, semoga bisa menginspirasi teman-teman juga ya..

O iya, dari dua hal baik yang saya ceritakan di atas, mana yang paling menginspirasi buatmu? Jangan lupa share di kolom komentar ya. Sampai ketemu di cerita selanjutnya😊

4 comments

  1. Nice share 👍👍👍😇, semangat berbagi hal baik dan menebar positive vibes, amal jariyah ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi papi utk supportnya, aamiin ya rabb, masih harus banyak belajar lagi nih😇

      Delete
  2. Wah... mau kak. Gimana caranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mb Ryun, salam kenal😊maksudnya gimana mb, cara untuk apa nih mb?😁

      Delete